logo

logo

Senin, 16 Oktober 2017

ETIKA PROFESI. TULISAN 1

Kepakaran dari seorang teknik industri yaitu seseorang yang ahli atau mahir dan kredibiliti dalam bidang teknik industri, dimana teknik industri adalah cabang dari ilmu teknik yang mempelajari tentang pengembangan, perbaikan, implementasi dan evaluasi sistem integral dari manusia, pengetahuan, peralatan, energi, materi dan proses. Teknik industri itu sendiri juga mencakup keahlian yang luas meliputi ekonomi, sistem manufaktur, manajemen industri, dimana bidang keahliannya lebih menitikberatkan pada aspek peralatan dan informasi dengan memperhatikan aspek manusia, perancangan, perencanaan. Sarjana teknik industri diarahkan untuk memiliki kemampuan pemecahan masalah yang kuat dan sistemik dengan pendekatan multi disiplin tentunya dalam kerangka keilmuan teknik industri.
Karakter-karakter yang tidak beretika dalam kehidupan sehari-hari sangatlah beragam. 4 contoh karakter yang tidak beretika yaitu selalu menganggap diri sendiri benar, merendahkan orang lain, berkata yang tidak sopan kepada orang yang lebih tua dan membuka gadget teman secara diam-diam dan membaca isi pesan didalamnya. Orang yang menganggap dirinya selalu benar adalah salah satu karakter yang sangat tidak bagus dalam kehidupan sehari-hari karena karakter tersebut tidak bisa menginstropeksi dirinya sendiri dan tidak dapat mengembangkan dirinya menjadi lebih baik lagi dikarenakan dia telah menganggap hal yang dia lakukan sudah benar. Karakter merendahkan orang lain jika dibiasakan terus menerus akan menjadi sifat sombong, dimana nantinya karakter ini tidak mendapatkan bantuan jika dia memerlukan bantuan dari orang lain. Berkata tidak sopan kepada orang yang lebih tua hal yang sangat tidak bisa diwajarkan. Seseorang yang memiliki karakter seperti itu akan bertindak semaunya dan tidak memikirkan hal lain. Gadget pastinya memiliki hal yang privasi, dimana hal tersebut tidak boleh ada yang mengetahui jika seseorang melihat isi dari gadget tersebut sifat tersebut sangatlah tidak beretika dan tidak mempunyai sopan santun.
Saat bekerja, etika sangat diperlukan untuk bergaul atau melaksanakan tugasnya di tempat kerja. Saat melaksanakan tugasnya di tempat kerja pun, masih banyak yang tidak sesuai etika, contohnya sesorang yang bekerja di bagian QC meloloskan suatu produk yang bisa dibilang gagal atau tidak layak untuk diperjualbelikan. Dampak yang ditimbulkan atas kejadian seperti ini yaitu nama baik perusahaan akan menjadi jelek dikarenakan produk yang sampai ke tangan konsumen tidak sempurna dan tidak pantas untuk diberikan kepada konsumen. Hakim yang rela disuap untuk meringankan atau menghilangkan hukuman untuk tersangka dalam suatu kasus kejahatan. Hal tersebut sangatlah tidak adil untuk negerinya sendiri. Perusahaan pastinya mempunyai rahasia selama masa waktu nya bekerja dengan tujuan rahasia ini dapat mempertahankan eksistensi perusahaan tersebut. Jika mendapatkan seseorang yang membeberkan rahasia perusahaan, maka orang tersebut tidak memiliki etika profesional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar