logo

logo

Selasa, 21 Oktober 2014

KOTA PEKANBARU (IBD 2)

Pekanbaru terkenal Atas Minyak Bawah Minyak
Disebut atas minyak karena luasnya perkebunan kelapa sawit yang ada di kota bertuah ini, luasnya bisa berhektar-hektar. Berikut adalah foto yang saya ambil dari pesawat ketika akan landing. Dominasi warna hijau atas pohon kelapa sawit menyegarkan mata.

 Disebut bawah minyak karena hasil minyak buminya yang berlimpah, bahkan salah satu perusahaan migas asing Chevron pun sampai mendirikan dua kamp di daerah Rumbai dan Duri. Dulu yang terkenal ramai dan menyedot banyak tenaga kerja lokal adalah kamp Chevron di Rumbai sekitar 15 menit dari pusat kota. Namun kini konsentrasi kegiatan kamp mulai dipindah ke Duri

Sebagian besar orang berpendapat, tidak ada yang spesial dari Pekanbaru untuk dijelajahi.tetapi pendapat itu sangat disalahkan!
a) Fashion
Baju kurung lengkap dengan jilbab tertutup model sederhana mendominasi gaya berpakaian wanita dewasa disana. Sebagian besar penduduk Pekanbaru memang suku Melayu yang beragama Islam. Sehingga jika datang kesana dengan bercelana pendek dan kaos oblong, penduduk sekitar pasti tahu Anda adalah turis lokal atau pendatang dan seluruh mata akan langsung tertuju kepada Anda
.b) Atap Salembayung
Unik bisa dikatakan, memandang hampir semua bangunan besar menggunakan atap khas Melayu. menurut kerabat yang asli sana, memang hal itu wajib bagi pendiri bangunan untuk membuat atap dengan ciri kayu mencuat yang bersilangan diatasnya. . Salembayung ini bahkan ada di atap Rumah Sakit swasta terkenal, kantor Dinas Pelayanan Publik, mall, gapura pinggir jalan, jembatan penyebrangan, bandara, dan bangunan-bangunan lain.
 
 


 

c) Ukiran dimana-mana
ukiran khas ini terdapat pada di pinggir jembatan, gapura masuk Bandara dan beberapa tempat publik lainnya. Saat kota-kota lain sibuk memodernisasi supaya kotanya terlihat maju, Pekanbaru justru tidak lupa pada identitas aslinya bahwa mereka Melayu. Dan budaya itulah yang harus dilestarikan ke anak cucu.

 

  1.  Analisis saya adalah: kebudayaan ini sangat unik mengapa demikian,karena budaya yang di tunjukan adalah ciri khas yang terdapat di 1 kota dan berbeda dari kota lain.
  2.  keunikannya adalah: ukiran yang ada di pinggir jalan membuat suasana saat kita mengunjungi kota pekanbaru menjadi seperti hidup di zaman dahulu dan atap salembayung juga ciri khas untuk rumah/bangunan yang ada di sana.
  3. Nilai-nilai sejarah local apa yang melatarbelakangi budaya tersebut: berdasarkan fungsi bangunan, diidentifIkasi bahwa bangunan yang menggunakan langgam arsitektur melayu secara konsisten adalah bangunan milik pemerintah daerah.Sementara mayoritas bangunan milik swasta tidak menampilkan langgam arsitektur melayu pada desain bangunannya
    4. apakah budaya tersebut masih di lestarikan hingga sekarang:
    masih, karen bangunan/gedung zaman sekarang masih menggunakan ciri khas dari kota tersebut


Tidak ada komentar:

Posting Komentar